Daftar Negara Bekas Jajahan Inggris Di Asia - Nutritionisthits

Nutritionisthits Situs Berisi Artikel Umum Terbaik

Home Top Ad

Iklan Adsense Disini Ya

Post Top Ad

Your Ad Spot

3/08/2017

Daftar Negara Bekas Jajahan Inggris Di Asia

Daftar Negara Bekas Jajahan Inggris Di Asia

Pada masa kejayaannya Inggris pernah menguasai lebih kurang seperlima dunia. Daerah kekuasaan Inggris meluas dari Utara sampai selatan, serta dari Timur ke barat. Inggris pada masa jayanya telah melakukan kontak ke seluruh kawasan di Asia. Dan kawasan yang memiliki potensi ekonomi yang baik pada masa lalu perlahan tapi pasti mulai dipengaruhi oleh Inggris, dan sebagian wilayahnya menjadi koloni hingga ada yang dapat total dikuasai oleh Inggris.

Berikut ini adalah daftar negara di Asia yang pernah menjadi daerah kekuasaan Inggris baik itu hanya sebentar ataupun dijajah secara total.

      1.      Afghanistan (sebagian > total)
      2.      Bahrain (total)
      3.      Brunei Darussalam (total)
      4.      Hongkong (total)
      5.      India (sebagian, total)
      6.      Indonesia (sebagian)
      7.      Iran (sebagian)
      8.      Iraq (sebagian) 
      9.      Kuwait (total)
     10.  Maladewa  (total)
     11.  Malaysia (sebagian)
     12.  Myanmar (sebagian)
     13.  Pakistan (sebagian, total)
     14.  Palestina (total)
     15.  Singapura (total)
     16.  Sri Lanka (sebagian, total)
     17.  Uni Emirat Arab (sebagian, total)
     18.  Yaman (sebagian)
     19.  Yordania (sebagian)

keterangan : umumnya pada mulanya, Inggris hanya membuka sebuah kota yang menjadi basis koloni, kalau ada kesempatan emas, Inggris baru akan terjun lebih jauh untuk mengambil kesempatan yang ada dan menguasai secara total.



Ada juga beberapa negara yang hanya dikuasai sebagian oleh Inggris. Dan selanjutnya Inggris gagal menguasai suatu kawasan secara total karena persaingan dengan penjajah lain seperti Belanda atau Spanyol dan juga karena alasan politis.

Kekuasaan Inggris pada era abad 18 hingga abad 20 memang mengalami kemajuan yang signifikan. Semenjak lepasnya koloni besar mereka di benua baru (Amerika Serikat, Amerika) yang berhasil memerdekakan diri dari pengaruh Inggris 4 Juli 1778. Ternyata Inggris banyak mengambil pelajaran dari kemerdekaan Amerika Serikat.

Baik itu secara administrative serta strategi, Inggris menjadi lebih baik dan satu persatu daerah di seluruh pelosok dunia dapat direnggut Inggris.

Kekuasaan Inggris baru mereda sejak akhir perang dunia kedua. Dimana kebanyakan negara kekuasaannya satu persatu melepaskan diri. Dan sejak saat itu pula, pengaruh Inggris berganti menjadi Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar