Lagu Kebangsaan Belanda Memuji Raja Spanyol - Nutritionisthits

Nutritionisthits Situs Berisi Artikel Umum Terbaik

Home Top Ad

Iklan Adsense Disini Ya

Post Top Ad

Your Ad Spot

10/09/2016

Lagu Kebangsaan Belanda Memuji Raja Spanyol



Lagu Kebangsaan Belanda Memuji Raja Spanyol

Belanda sebuah negara beribukota Amsterdam yang terletak di Eropa Barat. Negara yang dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia karena pernah menjajah Bumi Nusantara hampir 300 tahun (dibeberapa kawasan). Seluruh kerajaan yang ada di Indonesia dan Asia Tenggara pada umumnya berusaha untuk melepas pengaruh cengkeraman Belanda yang sangat erat di setiap kawasan negeri ini. Barulah pada saat Kerajaan-Kerajaan itu melepas ego primordialisme dan menggantinya dengan semangat “Persatuan”, akhirnya Belanda angkat kaki dari negeri penghasil rempah-rempah yang terkenal di seluruh dunia.

Ternyata disebalik ketangguhan armada Belanda yang disebut-sebut “small in number, huge in power”, selama mereka berkuasa di Bumi Nusantara ternyata ada sejarah kelam yang dipendam masyarakat Belanda. Penjajahan bangsa Belanda terhadap Bumi Nusantara adalah penjajahan yang bersifat seperti “right man in the right place” atau boleh disederhanakan sebagai kemujuran. Betapa tidak bangsa yang sebenarnya merupakan pelarian dari negeri Jerman itu sebenarnya masih berada dalam pengaruh kekuasaan Spanyol, bahkan Belanda sebenarnya rela dijajah oleh Spanyol demi tidak disebut atau dianggap sebagai orang Jerman. Bagaimanapun Belanda sendiri sebenarnya adalah orang Jerman (dotch) yang melepaskan diri dari pengaruh negaranya sendiri demi menjad (dutch atau Netherlands, atau Holland). 

bendera Belanda

Ironisnya meskipun sedang berada dibawah kekuasaan bangsa-bangsa besar seperti Jerman dan Spanyol, Belanda justru berniat untuk menjajah daerah Timur Jauh (Nusantara) demi kepentingan ekonominya, dan ternyata keberuntungan memang berpihak kepada Belanda dan dengan berhasilnya mereka menguasai Nusantara maka semakin membaiklah kondisi negara mereka.

Untuk kepentingan kenegaraan mereka yang sebenarnya tidak sah karena tidak memiliki Raja. Masyarakat Belanda memohon agar Pangeran Oranye dari Spanyol sudi untuk menjadi pemimpin mereka supaya mereka bisa bernaung atau berlindung disebalik Spanyol dari gempuran negara-negara tangguh disekitarnya. 

Lagu kebangsaan Belanda yaitu “Wilhelmus van Nassouwe” diperkirakan ditulis sekitar tahun 1568 , semenjak itu lagu tersebut menjadi identitas nasional bagi Belanda. Sampai sekarang masyarakat Belanda masih menyanyikan lagu tersebut. 

“bayangkan betapa rancunya ketika timnas sepakbola Belanda berhadapan dengan timnas Sepakbola Spanyol”. Dimana Belanda sendiri memuji Raja Spanyol dalam lagu kebangsaannya. Namun bagaimanapun Belanda tidak pernah mengubah lagu kebangsaan mereka, karena lagu itu merupakan sejarah bangsa mereka, baik dan buruk sejarah itu tetaplah sejarah bangsa mereka.

Lirik lagu Kebangsaan Belanda
Wilhelmus van Nassouwe
ben ik van Duitsen bloed
den vaderland getrouwe
blijf ik tot in den dood.
Een Prinse van Oranje
ben ik vrij onverveer,
den Koning van Hispanje
heb ik altijd geëerd.

Terjemahan Lagu Kebangsaan Belanda
Wilhelmus Dari Nassouwe
Apakah aku benar-benar berdarah Belanda
Setia kepada Ibu Pertiwi
Yang aku pertahankan sampai aku mati
Oh Pangeran Oranye
Aku merdeka dan tak kenal takut
Raja dari Spanyol
Aku selalu mengabdi padanya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar