Ciri Ciri Uang Giral - Nutritionisthits

Nutritionisthits Situs Berisi Artikel Umum Terbaik

Home Top Ad

Iklan Adsense Disini Ya

Post Top Ad

Your Ad Spot

3/09/2017

Ciri Ciri Uang Giral

Ciri Ciri Uang Giral

Uang giral adalah uang yang dikeluarkan oleh bank berupa surat berharga yang juga merupakan tagihan umum yang bisa sewaktu-waktu digunakan sebagai alat pembayaran. Contoh uang giral diantaranya adalah cek, giro, kartu kredit dan wesel.

Disebalik kekurangannya yang sulit digunakan untuk transaksi dalam nominal yang kecil uang giral memiliki banyak manfaat yang membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih efisien. Dengan adanya uang giral, pemilik uang tidak perlu membawa uang dengan jumlah banyak secara mencolok karena jumlah uang yang banyak bisa dan sudah terwakili oleh uang giral.

sampel kartu kredit http://blog.myfirstliberty.com/

Uang giral disebut sebagai uang yang praktis dan aman, karena para pebisnis lebih senang menggunakan sarana uang giral dalam bertransaksi daripada menggunakan uang cash. Namun begitu masyarakat yang tidak ingin melakukan transaksi menggunakan uang giral boleh menolak tawaran partner bisnisnya. Karena pada dasarnya peredaran uang giral memang sah, tetapi bukan sebagai alat pembayaran yang mutlak. Selama kedua belah pihak yang bertransaksi ingin melakukan transaksi menggunakan uang giral itu sah, tetapi kalau ada satu pihak tidak setuju, maka pihak lain tidak berhak menuntuk pihak yang tidak mau menggunakan uang giral tersebut.

Lalu yang menjadi pembayaran, apakah ATM termasuk kedalam uang giral? Jawabannya tentu tidak. Karena ATM bukan alat pembayaran. ATM adalah alat elektronik untuk memudahkan transaksi keuangan. Pembayaran menggunakan sarana ATM tidak termasuk dalam uang giral, karena ATM tidak berpindah tangan, yang ditransfer hanyalah nominal uang yang telah disepakati oleh kedua pihak yang bertransaksi.

Setelah memahami beberapa hal tertulis diatas kita bisa menyimpulkan ciri-ciri uang giral yaitu :

  1.  Bisa Berupa kertas, kode atau alat elektronik yang dikeluarkan oleh bank umum untuk memudahkan  transaksi baik dalam jarak dekat maupun jarak jauh.
  
  2. Sah digunakan sebagai alat pembayaran, tetapi tidak diwajibkan untuk menggunakannya, sehingga  bagi yang tidak bersedia menerima pembayaran dengan uang giral berhak untuk menolaknya.
  
   3.  Lebih praktis dan efisien untuk digunakan dan dibawa.


   Nah sobat kuatbelajar.top demikianlah ciri ciri uang giral. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar