5 Perbedaan Manusia Dan Malaikat Menurut Islam - Nutritionisthits

Nutritionisthits Situs Berisi Artikel Umum Terbaik

Home Top Ad

Iklan Adsense Disini Ya

Post Top Ad

Your Ad Spot

3/07/2017

5 Perbedaan Manusia Dan Malaikat Menurut Islam

5 Perbedaan Manusia Dan Malaikat Menurut Islam

Sobat kuatbelajar yang bijaksana, sebagai orang yang beriman kita harus mengakui bahwa di alam raya ini wujud makhluk yang bernama Malaikat. Hanya saja fisiknya memang tidak terlihat oleh kita. Namun dalam peristiwa-peristiwa tertentu Malaikat selalu hadir saat menolong para Nabi dan juga manusia yang beriman.

Malaikat memang jarang menunjukkan wujud aslinya. Dalam beberapa kisah yang tersirat dari masa lalu, malaikat selalu berwujud menyerupai manusia saat berada di bumi. Dengan begitu wujud asli malaikat memang masih menjadi bahan diskusi sepanjang masa.

gambar ilustrasi

Sebagai Muslim kita percaya bahwa Malaikat diciptakan dari Nur atau cahaya sedangkan manusia diciptakan dari tanah. Dari awal penciptaannya saja manusia dan malaikat sudah memiliki perbedaan. Untuk lebih lanjut kita akan membahas 5 perbedaan manusia dan malaikat menurut Islam.
     
     1.      Diciptakan dari materi yang berbeda

Seperti yang sudah sedikit kita bahas diatas, manusia diciptakan dari tanah sedangkan malaikat diciptakan dari cahaya. Dari sini saja sudah terlihat jelas perbedaan manusia dan malaikat.

     2.      Nafsu

Malaikat diciptakan dengan tanpa nafsu, sedangkan manusia memiliki nafsu. Dari rasa nafsu apabila tidak disikapi dengan bijak maka akan membawa manusia kepada ketamakan, serakah, pelit dan segala sifat buruk. Dimana sifat-sifat buruk inilah yang membawa manusia kedalam jurang neraka.

Tetapi apabila manusia mampu mengelola nafsu dengan baik, itulah yang membuat derajat manusia itu bisa jadi lebih hebat dari malaikat. Allahualam.

     3.      Kebutuhan yang berbeda

Sebagai manusia kita perlu makan, minum, rekreasi, sosialisasi serta pendidikan dan lain sebagainya. Tidak demikian dengan malaikat. Karena malaikat fokus pada perintah yang Allah berikan kepadanya dan ia tidak melakukan hal-hal seperti manusia pada umumnya.

     4.      Kemampuan Melihat dan mendengar

Malaikat bisa melihat manusia sedangkan umumnya manusia tidak bisa melihat malaikat. Manusia juga tidak bisa mendengar suara malaikat sedangkan malaikat mampu mendengar perkataan manusia.
    
     5.      Tempat Tinggal

Malaikat tersebar di langit dan di bumi. Malaikat tentunya senang berada di masjid-masjid dan tempat suci umat Muslim. Sedangkan manusia sejauh ini hanya mampu hidup dan bertahan di bumi, kerana kontur alam diluar bumi tidak sesuai dengan daya tahan tubuh manusia.

Nah sobat yang kuat dan rajin belajar itulah 5 perbedaan manusia dan malaikat. Sebenarnya ada banyak perbedaan lain antara manusia dan malaikat tapi sejauh ini kemampuan ilmu saya hanya mampu merenangi kelima hal tersebut.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar