Peristiwa Yang Terjadi Pada 5 Juni Dalam Catatan Sejarah - Nutritionisthits

Nutritionisthits Situs Berisi Artikel Umum Terbaik

Home Top Ad

Iklan Adsense Disini Ya

Post Top Ad

Your Ad Spot

6/05/2016

Peristiwa Yang Terjadi Pada 5 Juni Dalam Catatan Sejarah

Peristiwa Yang Terjadi Pada 5 Juni Dalam Catatan Sejarah

Dibawah ini merupakan 5 peristiwa sejarah paling penting yang dirangkum admin kuatbelajar.top sebagai informasi mengenai peristiwa yang terjadi pada hari ini, tanggal 5 Juni dalam catatan sejarah. Selamat membaca.

Perancis Memenangkan Perang Menghadapi Spanyol

Pada tahun tanggal 5 Juni 1595 Pasukan Prancis dibawah komando Raja Henry IV mengalahkan pasukan Spanyol pada Perang Fountaine-Francaise.


Dalam perang yang diakibatkan konflik internal Liga Katolik itu Perancis berhasil mengalahkan Spanyol dengan hanya berbekal pasukan tidak lebih dari 4000 tentara sedangkan pihak Spanyol disebut-sebut memiliki tentara sebanyak 12.000 jiwa. Pihak Prancis menderita jumlah korban jiwa sebesar 1.200 jiwa baik itu luka-luka ataupun meninggal dunia sedangkan pasukan Spanyol menderita korban jiwa sebanyak 9.00 baik luka-luka maupun tewas.


Athena Dikuasai Turki Usmani

Pada tanggal 5 Juni 1827 Athena yang merupakan ibukota Yunani berhasil ditaklukkan Turki Usmani. Pada masa itu Yunani memang masih berada dalam jajahan Turki Usmani, penaklukkan Turki terhadap Athena itu ialah perpanjangan dari perang kemerdekaan Yunani pada tahun 1821 hingga tahun 1829.

Walau begitu pada akhirnya perang kemerdekaan Yunani itu membawa hasil kepada Perjanjian Konstantinopel pada tahun 1832, dengan perjanjian ini Yunani berhasil memerdekakan negaranya dari cengkeraman Turki. Yunani tercatat sebagai negara pertama yang diakui kemerdekaannya oleh Turki Usmani.  Ini juga menjadi bukti bahwa Kerajaan Turki Usmani mulai perlahan-lahan melemah.

Prancis Diserang Jerman

Pada tanggal 5 Juni 1940, Jerman melakukan agresi militer besar-besaran untuk menaklukkan Prancis Selatan pada Perang Dunia Kedua. Invasi Jerman terhadap Prancis ini disebut dengan The Battle Of France (Perang Prancis). Dimana akhirnya satu persatu wilayah Prancis berhasil di aneksasi Jerman untuk beberapa lama sebelum kemudian Jerman dapat dikalahkan pihak Sekutu.

Perang Enam Hari

Pada tanggal 5 Juni 1967 terjadi Perang Enam Hari. Perang ini merupakan Perang antara Israel dan Negara-Negara Arab. Perang ini merupakan salah satu dari tragedi konflik berkepanjangan antara Israel dan Arab. Dalam Perang Enam Hari ini Israel berhasil mengalahkan koalisi negara Arab. Perang Enam Hari Berlangsung pada tanggal 5 Juni dan Berakhir pada tanggal 10 Juni dengan kemenangan Pihak Israel.

Perang ini menegaskan kepada dunia bahwa Israel telah muncul menjadi salah satu negara yang paling berpengaruh di dunia. Ini dibuktikannya dengan berhasil mengalahkan negara koalisi Arab dalam Enam Hari. Selain mempertahankan kedaulatan negaranya, perang 6 Hari ini telah menjadi bukti bahwa Israel memiliki kekuatan militer baik itu offensive maupun defensive yang sangat baik untuk kawasan regionalnya.

*catatan : Walaupun Perang Enam Hari disebut sebagai perang antara Israel dan Koalisi Arab, namun sebenarnya yang aktif berperang saat itu untuk menghadapi Israel hanyalah Mesir, Jordania dan Syria, sedangkan negara Arab lainnya tidak membantu perang secara terbuka. Perang ini menjadi kebanggan Israel dan pukulan telak bagi negara-negara Arab.

Mesir Kembali Membuka Terusan Suez


Pada tanggal 5 Juni 1965 atau 8 tahun setelah Perang Enam Hari, Mesir kembali membuka Terusan Suez untuk pelayaran internasional. Hal ini merupakan inisiatif perdamaian antara pihak Israel dan Mesir, setelah melalui berbagai konflik panjang. Hingga akhirnya niat baik Mesir ini membawa kepada Kesepakatan Camp David pada tahun 1978, serta pengakuan resmi Mesir tentang eksistensi negara Israel pada tahun 1979.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar