Sejarah Disebalik Pembuatan Patung Liberty - Nutritionisthits

Nutritionisthits Situs Berisi Artikel Umum Terbaik

Home Top Ad

Iklan Adsense Disini Ya

Post Top Ad

Your Ad Spot

5/27/2016

Sejarah Disebalik Pembuatan Patung Liberty

Sejarah Disebalik Pembuatan Patung Liberty

Disetiap negara selalu ada sebuah monumen yang berhubungan dengan pendirian sebuah negara. Kalau di Indonesia kita memiliki Monas alias monumen Nasional maka di Amerika Serikat ada sebuah patung yang bernama patung Liberty untuk mengenang pembentukan negara Amerika Serikat yang berhasil memerdekakan diri dari Inggris. Baiklah sobat semua yang kuat belajar, kali ini kita akan membahas tentang sejarah pembuatan patung Liberty nan tersohor tersebut.

Seperti artinya yaitu kemerdekaan atau kebebasan. Patung Liberty memang didirikan dengan semangat ataupun euforia kemerdekaan dari Inggris. Pembuatan patung Liberty pada dasarnya memang erat dengan sejarah Amerika Serikat. Kemerdekaan Amerika Serikat dari Inggris yang dilalui dengan perjuangan panjang nan heroik memang melibatkan beberapa negara yang bermusuhan dengan Inggris, diantaranya adalah Prancis dan Spanyol.

Patung Liberty sendiri disebut-sebut sebagai pemberian bangsa Prancis untuk Amerika Serikat. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena pendirian patung Liberty memang berhubungan dengan Prancis. Coba saja seandainya patung ini dibuat oleh Amerika Serikat tentu namanya bukan patung Liberty tetapi patung Independent ataupun patung freedom.

Nama pembuat patung Liberty adalah Frederic Auguste Bartholdi seorang pematung dari Prancis. Beliau mulai membuat patung Liberty pada tahun 1876. Sebenarnya masyarakat Prancis sendiri sempat mencibir ambisinya yang terlalu tinggi untuk membuat patung dalam ukuran sebesar patung Liberty. Namun jiwa seninya seakan tertantang dengan komentar negatif dari berbagai pihak tersebut.
Ambisi Bartholdi untuk membangun patung paling sensasional di abad 19 tersebut seakan menemui titik terang saat tahun 1879 ia berhasil mengumpulkan banyak sumbangan dari berbagai pihak. Ia disebut berhasil mengumpulkan $750.000.

Bahan dasar patung beruba besi tiang dan pondasi penopang didapatnya dari desain Gustav Eiffel yang terkenal dengan karyanya Menara Eiffel. Melalui bantuan seniman terkenal tersebut Bartholdi semakin percaya diri.

Bertahun-tahun kemudian ia berjuang untuk merampungkan idenya tersebut. Walaupun mendapat banyak sanggahan dari orang-orang yang skeptis ia tetap berkarya sesuai dengan imajinasinya. Hingga akhirnya pada tahun 1884 patung Liberty yang melambangkan dewa Kebebasan tersebut berhasil disiapkan dengan sempurna. Dan semua orang yang menganggap proyek tersebut merupakan proyek mustahil mulai tercengang melihat karyanya.

Ternyata permasalahan tidak berhenti ketika patung Liberty sudah jadi. Karena timbul lagi persoalan lain, yaitu enggannya pemerintah Prancis dan Amerika Serikat untuk menanggung biaya pengiriman patung tersebut dari Prancis ke Amerika Serikat. Hingga akhirnya seorang Jurnalis bernama Joseph Putlizer menemukan jalan keluar dengan cara, menuliskan segala informasi tentang pembuatan patung Liberty yang bertujuan untuk mengenang perjuangan rakyat Amerika Serikat agar bebas dari Tirani Inggris. Tulisan tersebut mengajak rakyat Amerika Serikat untuk memberikan sumbangan guna menggalang dana pengiriman patung Liberty dari Prancis ke Amerika Serikat. Joseph Putlizer menulis nama-nama donatur di surat kabar untuk memancing animo masyarakat Amerika Serikat. Ternyata cara ini sangat jitu, rakyat Amerika Serikat seakan berlomba mendonasikan uangnya demi melihat Patung Liberty sampai ke negeri mereka.

Akhirnya pada tahun 1885 patung Liberty tiba di New York dengan selamat, selanjutnya proses penyambungan yang memakan waktu lebih kurang 6 bulan. Rakyat Amerika Serikat yang memang telah menanti kedatangan patung tersebut menyambut patung Liberty dengan sukacita dan dengan sukarela pula ikut bekerja dalam proses penyambungan patung tersebut.
sumber Gambar : wikipedia.com

Baru pada tanggal 25 Oktober 1886 patung Liberty didirikan , pada saat itu Amerika Serikat bahkan mengumumkan tanggal 25 Oktober sebagai hari libur nasional.

Sampai hari ini patung Liberty masih tegak berdiri sebagai simbol kebebasan bagi Amerika Serikat. Patung yang juga diberi nama Lady Liberty ini kini difungsikan sebagai objek wisata sejarah. Dimana pada saat hari kemerdekaan Amerika Serikat pada 4 Juli diadakan pesta perayaan kemerdekaan berupa pawai dan pesta kembang api.

Analisa pendirian Patung Liberty

Pendirian patung Liberty setidaknya memberikan kita dua pelajaran, yaitu yang pertama kita bisa mempelajari tekad sang pendiri patung Frederic Auguste Bartholdi yang tetap bersikukuh untuk meneruskan upayanya membangun patung Liberty walaupun direspon dengan anggapan yang negatif oleh banyak orang. Dari sisi lain pula kita mendapat pelajaran untuk tidak meremehkan seseorang karena seringkali kita tidak bisa benar-benar memahami ide brilian seseorang sebelum ia mewujudkannya itu. Selama itu ada baiknya kita diam saja dan memperhatikan upayanya, jangan lantas meremehkan setiap daya upaya yang dilakukannya.


Pelajaran kedua yang bisa kita ambil dari pendirian patung Liberty adalah, betapa pentingnya keberadaan sebuah monumen. Sejak zaman dahulu orang-orang berlomba untuk membuat monumen yang megah tak lain dan tak bukan untuk mengenang suatu peristiwa penting dalam sejarah. Kini monumen sudah berfungsi sebagai objek wisata yang menguntungkan daerah yang memang memiliki monumen. Bagaimanapun sesuatu yang baik akan menghasilkan yang baik. Begitulah hukum didunia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar