Sejarah Asal Muasal Olahraga Bulutangkis - Nutritionisthits

Nutritionisthits Situs Berisi Artikel Umum Terbaik

Home Top Ad

Iklan Adsense Disini Ya

Post Top Ad

Your Ad Spot

5/25/2016

Sejarah Asal Muasal Olahraga Bulutangkis

Sejarah Asal Muasal Olahraga Bulutangkis             

Bulutangkis adalah sebuah olahraga yang populer di Indonesia. Secara umum kepopuleran bulutangkis memang masih kalah dengan Sepakbola dan Bola Voly namun sampai sejauh ini malah prestasi Bulutangkis lah yang telah mengharumkan nama Indonesia di berbagai even internasional. Bulutangkis adalah satu-satunya cabang olahraga yang mampu menyelamatkan wajah Indonesia di dunia internasional saat Olimpiade. Kekuatan Bulutangkis dunia memang harus diakui masih berpusat di Cina, sedangkan negara-negara seperti Indonesia, korea Selatan, Malaysia dan Denmark merupakan negara-negara yang silih berganti mempersulit Cina untuk mendominasi total cabang Bulutangkis ini.

Melihat prestasi negara-negara Asia di Cabang Bulutangkis ini timbul pertanyaan dibenak kita, sebenarnya darimanakah olahraga Bulutangkis ini berasal? Apakah dari Asia? Baiklah akan kita bahas dibawah ini.

Menurut sejarawan sejarah Bulutangkis sudah dimulai di Mesir pada sekitar 4000 tahun yang lalu. Namun pada saat itu permainan Bulutangkis hanya berupa raket kayu dan bola yang tidak stabil seperti sekarang.

Ada juga yang mengatakan olahraga Bulutangkis ini mulai ada di Cina 3000 tahun yang lalu, namun jika diperhatikan Bulutangkis ala Cina yang dikenal dengan nama Jianzi itu lebih identik dengan permainan takraw, karena bola ditendang dengan kaki dan diseimbangkan di udara. Bukan dengan raket seperti yang ada di Mesir. Hanya kesamaannya pada bola (shuttlecock) yang lebih mirip Bulutangkis.

Di era abad 19 Bulutangkis mulai dimainkan di Inggris dan karena pada saat itu Inggris sedang pada masa jaya-jayanya maka olahraga ini pun tersebar hampir keseluruh dunia karena 20% dunia berada dibawah pengaruh jajahan Inggris. Olahraga ini cepat menyebar keseluruh masyarakat dunia, namun masih belum teratur sistem game nya seperti sekarang.

sumber gambar : http://www.tatapadukoneacademy.com/

Bulutangkis atau Badminton ini dulunya disebut battledore and shuttlecock di Inggris. Kononnya permainan battledore and shuttlecock ini sebenarnya terinspirasi dari permainan tradisional India (yang saat itu dijajah Inggris). Hanya saja permainan yang disebut Poona di India ini menggunakan bahan wool sebagai bolanya. Namun permainan dengan net dan lapangan justru diciptakan Inggris hasil mengadopsi dari permainan tradisional India tersebut.

Istilah battledore and shuttlecock berubah menjadi Badminton sejak bangunan milik Duke Of Beaufort, bangunan yang digunakan untuk tempat bermain battledore and shuttlecock itu bernama Badminton House. Maka perlahan-lahan sejak saat itu istilah battledore and shuttlecockberubah menjadi Badminton.

Inggris menjadi negara pertama yang menggelar pertandingan Badminton yang kini menjadi ajang paling bergengsi Bulutangkis yaitu All England Open Badminton Championship pada tahun1899. Baru kemudian pada tahun 1934 terbentuk International Badminton Federation (IBF) dengan anggota pertama yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, Irlandia, Kanada, Selandia Baru, Prancis, Denmark dan Belanda. Kemudian barulah satu persatu ajang Badminton internasional mulai digelar diantaranya Thomas Cup dan Uber Cup.

Meskipun olahraga Bulutangkis ini diperkenalkan secara meluas oleh Inggris namun di Eropa sendiri Inggris malah masih kalah dengan Denmark dalam hal prestasi. Hal ini juga berlaku di kawasan Asia yang katanya India yang menjadi tempat Bulutangkis yang diadopsi Inggris Poona dan Karachi namun justru Cina lah yang merajai Asia, bahkan kekuatan Bulutangkis India jauh dibawah negara Asia yang lainnya.

Analisa sejarah Bulutangkis
Jika kita melihat data sejarah maka terdapat 4 negara yang berperan dalam perkembangan olahraga Bulutangkis, diantaranya Mesir yang paling tua, kemudian Cina, India serta Inggris.

Kita bahas tiga negara yaitu Mesir, Cina dan India. Kita semua tau ketiga-tiga negara ini merupakan negara kuno yang sampai sekarang masih berdiri. Peradaban bangsa Mesir, Cina dan India merupakan peradaban tua yang memang telah memberikan sumbangsih besar dalam perjalanan umat manusia. Jika kita asumsikan olahraga ini berasal dari Mesir Kuno tentu masih masuk akal jika kemudian olahraga ini tersebar ke Cina dan India. Tentunya perdagangan lah yang membawa olahraga ini sampai ke Cina dan India.

Inggris yang ratusan tahun kemdian muncul menjadi kekuatan baru Dunia juga menjajah ketiga negara ini. Mesir dan Cina hanya berhasil mereka kuasai sebagian sedangkan India hampir dikatakan secara penuh dibawah kontrol Inggris. Selama di India inilah Inggris terpesona melihat olahraga permainan masyarakat Poona yang mungkin saja masyarakat Poona sendiri mengenal permainan ini ribuan tahun lalu dari para penduduk Mesir yang berdagang di kota mereka.

Jadi ketika kita kembali ajukan pertanyaan sebenarnya darimana asal muasal olahraga Bulutangkis? Kita bisa menjawab dengan begini “Bulutangkis versi kuno ditemukan bangsa Mesir, lalu Cina kemudian India, sedangkan Bulutangkis yang kita kenal sekarang ditemukan oleh bangsa Inggris”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar