Arti Peribahasa Air Beriak Tanda Tak Dalam - Nutritionisthits

Nutritionisthits Situs Berisi Artikel Umum Terbaik

Home Top Ad

Iklan Adsense Disini Ya

Post Top Ad

Your Ad Spot

3/06/2017

Arti Peribahasa Air Beriak Tanda Tak Dalam

Arti Peribahasa Air Beriak Tanda Tak Dalam

Sobat kuatbelajar.top yang saya hormati. Pernah dengar istilah peribahasa “air beriak tanda tak dalam”? kalau belum pernah haduh parah... cepet-cepet tobat deh.. hehe...

Air beriak tanda tak dalam biasanya diperuntukkan sebagai sindiran bagi orang yang sok sokan atau sok tau. Air beriak tanda tak dalam hampir sama juga dengan peribahasa “tong kosong nyaring bunyinya” hanya saja dalam penerapannya, keduanya berbeda.

Air beriak tanda tak dalam biasanya diidentikkan untuk seseorang yang sok faham tentang sesuatu tetapi pada dasarnya ia sama sekali tidak mengetahui maksud sesuatu itu. Atau dengan kata lain, air beriak tanda tak dalam juga bisa diartikan sebagai seorang yang sok tau tentang suatu bidang ilmu padahal ia sebenarnya hanyalah seorang pembual belaka.

sumber gambar Footage123.com

Kalau tong kosong nyaring bunyinya bisa diartikan sebagai seorang yang sok jago atau sok hebat. Maka air beriak tanda tak dalam bisa diartikan sebagai orang yang sok so’an tetapi gak ada ilmunya.
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemui orang-orang seperti ini. Biasanya orang ini merasa dengan banyak berbicara atau mengkritisi sesuatu ia akan dipandang oleh orang lainnya sebagai seorang yang pintar. Padahal jika terlalu banyak bicara dan ngawur dan tak pada tempatnya. Hal itu malah semakin jelas menunjukkan ia adalah orang bodoh yang berlagak pintar.

Bagaimanapun upaya seseorang itu untuk menutupi kekurangannya dengan banyak berbicara seolah ia pintar, tetap akan kelihatan juga. Itulah sebabnya kita harus banyak belajar dan merenungi ilmu yang sudah kita pelajari supaya ilmu tersebut dapat difahami secara mendalam oleh kita dan dapat bermanfaat untuk orang ramai.

Alangkah lebih baik jika perbuatan sesuai dengan perkataan. Meskipun hal ini relatif sulit. Tetapi orang pintar itu sebenarnya tidak hanya membual sana-sini dan tidak ada aksi. Kalau seseorang itu terlalu banyak bicara dan sok maka orang itu bisa disebut dengan peribahasa “air beriak tanda tak dalam”.

Pada dunia nyata, misalnya sobat ada disebuah lautan, lemparlah sebuah batu kedalam air laut itu. Apakah ada efek terhadap air laut? Ya... paling hanya percikan dikit dan tidak terlalu banyak riak air yang nampak. Tetapi coba sobat melempar sebuah batu di parit yang kecil dan dangkal maka air tersebut akan nampak bergelombang atau beriak. Dari sinilah istilah peribahasa air beriak tanda tak dalam itu bermula.


Dalam penerapannya keseharian dapat diartikan seperti yang tertulis diatas. Intinya sobat kuatbelajar.top yang bijak. Janganlah terlalu banyak bicara omong kosong gak ada gunanya, karena kalau hal itu sobat lakukan berarti pantas disebut “air beriak tanda tak dalam”. Ah.. semoga sobat semua dan saya adalah orang yang gemar belajar dan tidak seperti peribahasa tersebut. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar