Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Sosial - Nutritionisthits

Nutritionisthits Situs Berisi Artikel Umum Terbaik

Home Top Ad

Iklan Adsense Disini Ya

Post Top Ad

Your Ad Spot

2/24/2017

Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Sosial

Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Sosial

Perilaku masyarakat memang sewajarnya berubah-ubah seiring waktu dan perkembangan zaman, umumnya di masyarakat yang lebih terbuka perubahan sosial yang terjadi akan lebih cepat sedangkan pada masyarakat yang tertutup maka bisa jadi perubahan sosial berlangsung sangat lambat. Dibawah ini merupakan beberapa pendorong terjadinya perubahan sosial.


1. Kontak Dengan Kebudayaan Lain
Masyarakat yang cepat maju dan berkembang adalah masyarakat yang dapat menyerap dan menerapkan hal baik dari kebudayaan lain untuk diadopsi menjadi suatu hal yang lumrah bagi masyarakatnya. Kemampuan suatu masyarakat untuk memfilter mana yang baik dan mana yang buruk tentulah berdasarkan atas intelenji masing-masing masyarakat atau individu.

Unsur kebudayaan lain biasanya akan disaring oleh suatu masyarakat, kalau baik maka akan diikuti tetapi kalau tidak sesuai dengan norma yang berlaku pada suatu masyarakat maka akan ditolak. Namun demikian ada juga susupan budaya lain yang biasanya menerpa generasi muda dalam suatu masyarakat terlebih dalam kehidupan pada era globalisasi sekarang.

2. Sistem Terbuka Dalam Masyarakat (Open Stratification)
Pada masyarakat terbuka, biasanya suatu kebudayaan dapat dengan bebas berinteraksi dengan setiap masyarakatnya. Umunya hal ini terjadi diperkotaan ataupun suatu kawasan yang dahulunya pernah menjadi kawasan perkotaan. Perubahan sosial cenderung lebih cepat terjadi pada masyarakat yang open stratification seperti ini.

3. Penduduk Yang Heterogen

Komposisi penduduk dalam suatu masyarakat heterogen dapat menyebabkan mudahnya terjadi perubahan sosial. Antara suatu kelompok dengan kelompok lainnya akan saling bersaing dan mempengaruhi yang membuat mereka lebih mudah untuk mengalami perubahan sosial karena adanya faktor kompetisi antar suatu kelompok. Dan, pembauran masyarakat yang berasal dari latar belakang yang berbeda tak jarang melahirkan suatu kebiasaan baru yang menjadi ciri khas tersendiri.

4. Orientasi Hidup Ke Masa Depan


Dalam hal ini diperlukan seseorang yang mampu menjadi penggerak perubahan secara masal. Orang yang kreatif dan cerdas baik dalam ilmu pengetahuan maupun bermasyarakat dapat mengubah kondisi suatu kawasan menjadi lebih baik apabila ia berhasil menemukan sesuatu benda atau formula untuk merubah orientasi ekonomi masyarakat.

Setelah menulis tentang faktor yang mempengaruhi perubahan sosial ini saya jadi teringat sebuah kata mutiara. Entah ini ada kaitannya atau tidak dengan topik diatas. begini bunyinya.

Kata mutiara : "Orang umumnya berubah karena dua alasan, yaitu karena mereka telah banyak belajar atau karena mereka terlalu sering disakiti."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar