Tips Supaya Hebat Main Futsal - Nutritionisthits

Nutritionisthits Situs Berisi Artikel Umum Terbaik

Home Top Ad

Iklan Adsense Disini Ya

Post Top Ad

Your Ad Spot

1/15/2017

Tips Supaya Hebat Main Futsal



Tips Supaya Hebat Main Futsal

Futsal merupakan salah satu olahraga yang ramai digemari oleh masyarakat Indonesia. Permainan sepakbola dengan lapangan mini ini dimainkan hampir oleh semua kelompok umur. Kesan bermain futsal yang ala-ala premium karena kita harus menyewa lapangan untuk dapat bermain futsal memberikan kesan tersendiri. Hingga sekarang banyaklah lahir klub-klub futsal hampir diseluruh pelosok Indonesia.

Secara konsep bermain sebenarnya bermain sepakbola lapangan besar dengan bermain futsal agak sedikit berbeda. Karena intensitas pemain menyentuh bola bisa lebih banyak saat bermain futsal daripada bermain sepakbola lapangan. 

Bagi mereka yang pernah terbiasa bermain basket, adaptasi intensitas menyentuh bola dan penempatan posisi sepertinya tidak akan mengalami banyak masalah. Namun bagi yang biasa bermain bola dilapangan besar dan baru mengenal futsal biasanya memerlukan waktu tertentu untuk memahami strategi dan adaptasi terhadap futsal.

Jika dalam bermain bola reguler kita bisa melakukan dribling dan eksplorasi dilapangan yang luas namun saat bermain futsal, ruang gerak kita saat dribling terbatas. Ini membuat para pemain futsal harus mampu memanfaatkan situasi “pergerakan tanpa bola” untuk itu setiap pemain harus memiliki passing yang baik supaya dapat memberikan keuntungan bagi timnya.

Disetiap tim besar futsal didunia, hampir semuanya memiliki organisasi permainan “pergerakan tanpa bola” yang mantap. Jika bermain secara individu dan diantara pemain terlalu egois dengan men dribbling bola, maka hasilnya bisa ditebak, yaitu para pemainnya akan cepat lelah dan akan mengalami kekalahan.

Formasi dalam bermain futsal diantaranya 1-2-1, 2-2, 1-3, 3-1, disesuaikan dengan kebutuhan tim. Jika menghadapi tim tangguh ada baiknya bermain dengan counter attack yaitu 3-1. Sedangkan saat menghadapi tim yang relatif sama kekuatannta dapat bermain 1-2-1 atau 2-2. Dan saat bermain dengan tim yang relatif lebih lemah gunakan strategi 1-3 dengan catatan kedua pemain sayap memiliki lari yang cukup cepat untuk meng cover pertahanan dengan segera.
Nah, berarti yang terpenting dalam bermain futsal supaya seru adalah kekompakan. Setiap pemain tidak perlu terlalu ambisius untuk menunjukkan skill masing-masing. Lebih baik untuk bermain tiki-taka dan melakukan dribble pada waktunya. Lebih baik untuk melakukan pergerakan tanpa bola, daripada terlalu egois saat mendapatkan bola dan bergerak secara “jorok”.

Bermain futsal tidak perlu terlalu bergerak kesana-kemari tak tentu arah. Bermainlah dengan tenang, agar bisa mengatur nafas, baru coba untuk men dribble atau memacu bola saat ada ruang kosong. Dalam posisi terjepit cobalah untuk lebih mengoper lawan. Kecuali dalam kondisi yang benar-benar terpaksa harus men dribble.

Manfaatkan ruang kosong dan lakukan diskusi dengan teman-teman saat sebelum bermain futsal. Dan melihat video-video tim-tim besar penguasa sepakbola didunia juga dapat memperkaya pemahaman bermain futsal.

Seperti kita ketahui bersama, orang-orang Indonesia itu secara skill sangat baik dalam bermain bola. Hampir semua orang di Indonesia yang gemar bermain bola jago men dribble. Namun sayangnya organisasi permainan kita kurang baik dan passing orang-orang kita kurang baik. Padahal kalau kita lihat tim-tim besar Asia yang memiliki postur tubuh relatif sama dengan kita seperti Jepang, Korea Selatan atau Thailand, mereka menutupi kekurangan postur tubuh yang kecil dengan passing yang baik. 

Di negara kita kemampuan passing seolah di nomer duakan. Yang pertama itu dribble. Padahal nyatanya di tim-tim besar dunia. Kemampuan passing yang baik dan penempatan posisi saat tanpa bola merupakan catatan terpenting supaya dipilih bermain. 

Untuk itu jika sobat ingin membangun tim futsal ingatlah untuk mengasah kemampuan passing dan kerjasama tim, karena kemampuan dribble dapat diasah masing-masing pemain secara individu. Namun disaat kita sudah satu tim maka, ketepikan ego dan utamakan kebersamaan tim.

Jadi hal-hal yang penting untuk diingat saat akan bermain futsal adalah.
      1.       Pintar mencari posisi kosong.
      2.       Lihat posisi teman saat sedang berusaha merebut bola dari lawan, dan segera memberikan umpan atau passing kepada teman yang berposisi kosong.
      3.       Jangan terlalu sering men dribble karena hanya melelahkan diri sendiri namun tidak efisien.
     4.       Jangan terlalu ambisi untuk mencetak gol, tapi utamakan kemenangan tim walaupun kita sendiri tidak mencetak gol.
      5.       Jangan sprint jika tidak terlalu penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar