Ciri-Ciri Negara Maju - Nutritionisthits

Nutritionisthits Situs Berisi Artikel Umum Terbaik

Home Top Ad

Iklan Adsense Disini Ya

Post Top Ad

Your Ad Spot

12/15/2016

Ciri-Ciri Negara Maju

Ciri-Ciri Negara Maju - Seluruh negara didunia tentu ingin menjadikan masyarakat yang hidup di negaranya dalam keadaan makmur. Faktor penguatan dan kekuatan ekonomi sangat penting menjaga keutuhan suatu negara. Negara yang masyarakatnya hidup dalam keadaan makmur dalam bebas berkarya dan beraktivitas dengan tingkat mutu kehidupan yang baik. Dengan demikian tercipa suatu situasi yang kondusif, seperti yang didambakan seluruh negara didunia.

Negara maju adalah negara dengan infrastruktur yang sangat baik serta jenjang ekonomi tidak terlalu nampak antara penduduk kaya dan miskin. Ada beberapa kriteria dalam menentukan suatu negara itu maju atau tidak, diantaranya dilihat dari GDP (gross domestic product), GNP (gross national product), pendapatan perkapita, perkembangan industri, standar hidup serta infrastruktur. 

Daftar Negara-Negara Maju

Dengan beberapa kriteria penentuan apakah suatu negara itu maju atau berkembang, maka ditahun 2016 ini hanya terdapat 39 negara yang dianggap sebagai negara maju jika berdasarkan dari identifikasi oleh IMF (international monetery fund). Diantaranya : 28 diantaranya dalah negara dari benua Eropa,  6 dari Asia, 3 Dari benua Amerika dan  2 dari Oseania.

Eropa : Austria, Belgia, Siprus, Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Islandia, Irlandia, Israel, Italia, Latvia, Lituania, Loksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Portugal, San Marino, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Inggris.

Asia : Hongkong, Jepang, Macau, Singapore, Korea Selatan dan Taiwan

Amerika : Canada, Puerto Rico dan Amerika Serikat

Australia dan Oceania : Australia, Selandia Baru


Itulah beberapa negara maju versi IMF, adapun ciri-ciri umum yang dimiliki negara maju bisa kita kelompokkan menjadi 4 yaitu diantaranya :

      1.   Sedikitnya Jumlah Pengangguran

Negara maju memiliki lapangan pekerjaan yang banyak tersedia di berbagai macam bidang. Hal ini membuat sedikitnya tingkat pengangguran di negara-negara maju. Dengan jumlah pengangguran yang sedikit ini menyebabkan aliran uang menjadi lebih laju ketimbang negara berkembang atau negara belum berkembang.

Dengan demikian harapan menjadi sukses bisa dicapai baik itu dengan menjadi karyawan ataupun berwiraswasta, karena tingkat konsumsi masyarakat tinggi yang diakibatkan dari tingginya pendapatan.

     2.  Teknologi dan Infrastruktur Memadai

Negara maju selalu identik dengan perkembangan teknologi yang cepat. Setiap ada perkembangan terbaru didunia teknologi biasanya langsung diserap oleh negara maju terlebih dahulu. Serta yang paling umum terlihat di negara maju ialah sistem tata kota yang sangat indah dengan bangunan-bangunan megah, taman kota yang indah serta lingkungan yang bersih. Yang diakibatkan oleh keseriusan pemerintah negaranya mengola keuangan yang ada untuk dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat.

Dengan teknologi yang memadai negara-negara maju pada umumnya memiliki produk barang atau produk jasa yang bermutu. Jelas sekali keliatan bahwa negara-negara maju selalu mengekspor produk industri dan jasa ke negara berkembang sedangkan negara berkembang biasanya hanya mampu mengekspor produk bahan setengah jadi kenegara maju untuk kemudian di produksi dan didistribusikan oleh negara maju.

     3. Tingkat Harapan Hidup Yang Tinggi

Tingkat harapan hidup yang tinggi menjadi salah satu ciri-ciri negara yang sudah maju. Hal ini disebabkan karena kesehatan masyarakat dapat lebih terjamin dengan adanya peralatan medis yang memadai, makanan yang bergizi serta lingkungan yang bersih.

     4.  Tingkat Pendidikan Yang Tinggi

Penduduk di negara maju sudah rata-rata mencapai pendidikan hingga bangku kuliah. Para sarjana-sarjana ini kemudian menjadi sumber daya manusia yang dapat menjadi penopang sistem industrialisasi di negaranya. Masyarakat di negara maju umumnya memiliki kesadaran yang lebih tinggi akan pentingnya pendidikan dan kesempatan untuk mencapai pendidikan di negara maju sangat terbuka luas. Berbeda dengan negara berkembang dan negara yang belum berkembang. Dimana tingkat pendidikan hanya mencapai SMA dan dibawahnya, serta kebanyakan masyarakat masih belum bisa mendapatkan pendidikan yang tinggi karena faktor keuangan.

Itulah beberapa ciri-ciri negara maju, bagaimana dengan negara kita? Hingga kini negara kita masih disebut sebagai negara berkembang, namun begitu Indonesia memiliki peningkatan kemajuan ekonomi yang cukup pesat sehingga diperkirakan lebih kurang 20 tahun lagi Indonesia sudah menjelma menjadi negara maju. Perlahan-lahan masyarakat Indonesia sudah semakin sadar akan pentingnya pendidikan serta telah semakin banyaknya para entrepreneur yang mampu membuat produk yang bisa diekspor ke negara lainnya. Perlahan-lahan ekonomi Indonesia menuju kearah yang baik.

Negara lain di Asia yang terus perlahan berkembang dengan pesat diantara adalah Cina dan India. Kedua negara ini diperkirakan akan segera menjadi negara maju dalam kurun waktu 10 tahun kedepan. Baik itu Cina atau India sudah memiliki banyak produk yang tersebar keseluruh dunia. Dengan jumlah penduduk yang besar baik itu Cina, India dan Indonesia seakan menyimpan energi potensial untuk kemudian bergerak dan menjadi negara maju yang sangat hebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar