Sejarah Singkat Selandia Baru - Nutritionisthits

Nutritionisthits Situs Berisi Artikel Umum Terbaik

Home Top Ad

Iklan Adsense Disini Ya

Post Top Ad

Your Ad Spot

9/21/2016

Sejarah Singkat Selandia Baru


Sejarah Singkat Selandia Baru

New Zealand adalah sebuah negara yang terletak di Oceania. Negara ini disebut di Indonesia sebagai “Selandia Baru”. New Zealand ataupun Selandia baru beribukota d Wellington sedangkan kota terbesar di Selandia Baru adalah Auckland. Bahasa Nasional Selandia baru adalah bahasa Inggris dan bahasa Maori. Iya,,, suku Maori adalah suku asli yang mendiami kawasan Selandia Baru sejak ribuan tahun yang lalu jauh sebelum migrasi besar penduduk Eropa yang dinakhodai oleh Inggris tiba di negeri yang juga disebut Negeri Kiwi tersebut. Suku bangsa yang mendiami negara ini merupakan perpaduan antara bangsa Eropa (75%), Maori (15%) serta suku bangsa lainnya yang didominasi oleh keturunan dari Asia Timur. Total perkiraan jumlah penduduk Selandia Baru sekitar lebih kurang 4.700.000 jiwa, jumlah ini terhitung sedikit jika melihat luas negara tersebut. 

Kontak pertama penduduk asli Maori Selandia Baru dengan dunia luar terjadi saat kapal Belanda yang dipimpin Abel Tasman sampai di negeri indah tersebut. Namun Belanda sepertinya tidak terlalu tertarik membuka Koloni di Selandia Baru. Justru Inggris lah yang dikemudian hari membentuk koloni satu persatu di negara kepulauan itu. Sehingga dikemudian hari saat kontak penduduk asli Maori dan para pendatang dari Eropa semakin tak dapat dihindarkan maka terjadilah momen besar dalam sejarah Selandia Baru. Dimana Inggris dan Maori sepakat untuk membangun peradaban secara berdampingan sebagai saudara melalui Perjanjian Waitangi pada tahun 1840. 

Menurut sebagian kalangan menganggap bahwa sebenarnya Perjanjian Waitangi yang disepakati oleh Inggris dan Maori hanyalah sebuah kesalahan dalam memaknai ataupun menterjemahkan isi perjanjian. Dimana kemungkinan besar pihak Maori sebenarnya merasa bahwa para pendatang dari Eropa dibawah perintah Ratu Inggris hanya meminjam tanah Selandia Baru dari Dewa-Dewa bangsa Maori. Sedangkan pihak Inggris menganggap Perjanjian Waitangi adalah keberhasilan Inggris dalam berdiplomasi dengan penduduk Maori untuk melakukan asimilasi secara damai, dan masyarakat Maori akan tunduk dan patuh terhadap perintah Ratu Inggris. 

Perbedaan kedua sudut pandang ini walau bagaimanapun ternyata telah membawa kedua pihak kepada perdamaian dan efektifitas dalam membangun cita-cita baru. Hingga kini masyarakat Maori masih berpengaruh besar dalam perkembangan Selandia Baru. Sepertinya bangsa Maori dan bangsa Inggris di Selandia Baru telah memberikan contoh asimilasi sisa-sisa kolonialisme termanis dalam sejarah dunia. Jika pada umumnya bangsa Eropa yang membentuk koloni diluar Eropa harus selalu saling berperang dengan penduduk pribumi untuk mempertahankan hegemoni meraka, namun di Selandia Baru justru, cita-cita penjajahan termudah telah terjadi.

Selandia Baru merupakan anggota Persemakmuran Inggris yang secara pemerintahan dikepalai oleh seorang Perdana Menteri sebagai tangan panjang dari Ratu Inggris. Secara De Jure Selandia Baru merdeka pada tahun 10 Desember 1947.


Lagu Kebangsaan Selandia Baru (God Defend New Zealand)
God of Nations at Thy feet,
In the bonds of love we meet,
Hear our voices, we entreat,
God defend our free land.
Guard Pacific's triple star
From the shafts of strife and war,
Make her praises heard afar,
God defend New Zealand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar